Mencontek Model Rumah Gaya Jepang Yang Simple Dan Minimalis

Desain Rumah

Bagi anda yang sedang mencari desain hunian yang minimalis namun tetap terlihat indah, maka model rumah gaya Jepang patut anda tidur. Model rumah seperti ini memiliki gaya yang simple dan minimalis. Kunci utama dari rumah tradisional Jepang lebih memfokuskan pada cahaya alami, privasi dan perlindungan dari luar rumah. Serta tidak mementingkan bagaimana lokasi dan ukuran rumah tersebut. dan kini sudah banyak model-model rumah Jepang yang diadaptasi menjadi lebih modern yang bisa ditiru rumah-rumah di Indonesia.

Mengingat Budaya Jepang memang dikenal lebih mengedepankan keserderhanaan, efisiensi, serta kecintaan alam. Dan ini bisa terlihat jelas dari model dan desain rumah-rumah gaya Jepang ini. Jadi untuk menciptakan desain rumah Jepang, anda harus bisa menggabungkan unsur-unsur alami yang dikombinasikan dengan desain yang fungsional dan nyaman. Jadi, rumah akan tampak minimalis namun mampu emmberikan efek yang menenangkan untuk penghuni di dalamnya.

Konsep Ala Rumah Gaya Jepang

Dalam desain rumah gaya Jepang, ada beberapa hal selalu ada dan menjadi komponen penting di dalamnya seperti berikut ini.

Rumah Dengan Sliding Door

Mungkin ini adalah salah satu komponen yang akan selalu ada dalam rumah gaya Jepang minimalis. Pintu geser atau shoji menjadi komponen utama dalam rumah Jepang ini. Kehadirannya dimaksudkan untuk membuat cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah tak akan terhalangi. Selain itu pintu geser ini pun juga bisa menjadi transisi antara dalam serta luar ruangan menjadi seminimal mungkin. Dan untuk masyakarat Jepang yang tinggal di apartemen modern sekalipun, penggunaan pintu geser ini juga penting untuk mengatur ruangan.

Jika dulunya pintu geser terbuat dari kertas tipis dan dibingkai oleh kayu. Kini shoji dapat dibuat ke versi yang lebih modern jika anda ingin menerapkan rumah gaya jepang modern. Anda dapa memilih pintu geser yang berbahan dasar kaca dan diapit dengan besi atau kayu. Penggunaan shoji ini pun juga dapat anda jadikan sebagai pengganti pintu untuk menghubungkan dua ruangan dibandingkan menggunakan pintu tutup buka. Pintu geser ini membuat ruangan jadi lebih luas dan tampak lebih modern.

Dominasi Elemen Kayu Dan Bambu

Di rumah-rumah bergaya Jepang, seringkali ditemukan elemen kayu ataupun bambu yang banyak digunakan. Ini membuat suasana di dalam rumah semakin tampak natural dan menenangkan. Mulai dari pintu, meja, kursi, dinding, hingga pernak-pernik kecil pun juga terbuat dari bahan kayu. Bahkan tak jarang pula bambu juga digunakan untuk hiasan di dalam rumah gaya Jepang minimalis.

Jika anda ingin menerapkan rumah bergaya Jepang, maka anda bisa menambahkan elemen natural ini. mulai dengan menggunakan furniture-furniture kayu. anda bisa menggunakan lantai kayu atau tatami sebagai pilihannya. Bahan lantai ini tak hanya membuat suasana semakin natural. Namun juga membuat udara rumah jadi sejuk ketika panas dan menghangatkan saat udara rumah dingin. Selain itu, tekstur kayu dan bambu juga menimbulkan efek yang nyaman dan tenang di dalam rumah.

Menggunakan Funiture Minimalis

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, konsep utama dalam desain rumah gaya jepang ini adalah sederhana dan minimalis. Karena itulah jarang di rumah-rumah jepang meletakkan banyak furniture di dalamnya. Kebanyakan dari orang jepang hanya menempatkan furniture yang memang mempunyai fungsi serta tempat yang tepat. Less is more, jangan sampai membuat rumah jadi tampak penuh. Anda bisa memilih furniture yang menggunakan bahan kayu asli serta disusun simetris untuk menciptakan kesan yang rapi. Gunakan furniture yang berukuran kecil ataupun pendek sehingga membuat dinding mempunyai banyak ruangan kosong.

Pencahayaan Alami

Karakteristik lainnya dari rumah jepang ini adalah kehadiran dari open space serta pencahayaan alami. Cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah semakin menambah suasana natural dan menciptakan nuansa yang menyenangkan. Dan untuk itulah, desain jendela pada rumah jepang dibuat lebar dan dipastikan tidak ada hal yang menghalangi jendela. Sebagai gantinya, kebanyakan dari mereka menggunakan tirai transparan ataupun tirai bambu untuk membuat tampilan semakin natural.

Meskipun terdapat open space yang cukup luas di dalam rumah, namun tak membuat udara di dalam ruangan jadi panas. Malah ini akan memberikan kesan alami yang menyejukkan pikiran saat berada di dalam rumah.

Kolam Dalam Ruangan

Ini mungkin jadi konsep rumah gaya jepang modern yang bisa anda coba terapkan di dalam rumah anda. Desain unik ini dapat menciptakan suasana yang sejuk di dalam ruangan. Dan tak hanya itu saja, kehadiran suara gemericik air bisa membuat lebih rileks. Karena itulah tak mengherankan jika kehadiran kolam di dalam rumah Jepang memang sangat dibutuhkan. Tak hanya membuat suasana semakin rileks dan sejuk, namun juga memiliki nilai estetika yang tinggi. Dan tentu saja ini akan semakin mempercantik tampilan rumah jepang yang anda desain.

Space Hijau Dalam Rumah Gaya Jepang

Seperti yang anda ketahui, budaya Jepang begitu sangat mencintaialam. Karena itulah tak heran jika dalam interior rumahnya pun juga memiliki hubungan yang erat dengan alam. Salah satunya dengan menambahkan space hijau di dalam ruangan. Anda bisa menempatkan tanaman sebagai dekorasi yang semakin mempercantik interior rumah. di jepang sendiri, kebanyakan tanaman hias yang dimanfaatkan adalah seperti tanaman bambu dan bonsai. Selain itu tanama lainnya seperti anggrek, pale, serta tanaman bunga lainnya juga bisa digunakan. Namun pastikan jika keseluruhan tampilan ruangan tetap natural dan simple.

Dekorasi yang Semakin Mempercantik Interior Rumah Gaya Jepang

Untuk semakin mempercantik tampilan rumah gaya Jepang minimalis yang anda desain. Penggunaan beberapa dekorasi tentunya akan semakin menunjang. Nah di bawah ini ada beberapa jenis dekorasi yang khas Jepang yang dapat membuat suasananya Jepang terasa semakin khas.

Chabudai

Yang pertama adalah Chabudai, atau meja pendek yang sering digunakan untuk menjamu tamu. Seperti yang anda ketahui, rumah-rumah Jepang seringkali menerapkan meja pendek ini sebagai interior rumah. terutama untuk konsep rumah tradisional Jepang, rasanya dekorasi ini wajib ada. Anda bisa menempatkannya pada ruang tamu atau ruang santai. Ataupun meja ini juga bisa digunakan untuk meja kerja, meja belajar, hingga meja makan.

Alas Duduk Lantai Rumah Gaya Jepang

Jarang sekali rasanya masyarakat jepang yang menggunakan sofa untuk ruangan tamu. Kebanyakan dari mereka lebih memilih alas duduk lantai untuk menghiasi ruang keluarga atau ruang tamu. Alas lantai atau Zabuton ini merupakan alas busa dengan dilapisi kain yang digunakan untuk alas duduk di lantai ataupun kursi. Umumnya Zabuton dipadukan dengan zaisu, yaitu kursi khas jepang tanpa memiliki kaki-kaki penyanggah. Perpaduan ini akan membuat interior rumah anda semakin khas dengan nuansa Jepang.

Lampu Interior Khas Jepang

Saat ini mungkin kebanyakan orang lebih memilih menggunakanlampu LED sebagai penerangan di dalam rumah. namun dalam model rumah Jepang, seringklai masih menggunakan lampu khas Jepang yang dinamakan Bonbori. Lampu pijar berlapis kertas ini sering digunakan untuk penerangan di luar rumah. Namun anda masih bisa menggunakannya untuk penerangan di dalam rumah.

Mudah bukan mendesain rumah gaya Jepang? Anda tak perlu meniru semua komponen-komponen dalam desain rumah Jepang. Yang terpenting adalah anda bisa menciptakan suasana natural dan minimalis dalam desain rumah anda sesuai dengan konsep desain rumah Jepang.