Hal Penting yang Harus Diketahui Sebelum Bangun Rumah Baru

Jual Beli Rumah

Memiliki hunian keluarga yang nyaman merupakan impian bagi setiap orang, terutama pasangan muda yang baru saja menikah. Akan lebih menyenangkan lagi jika rumah tersebut didesain sesuai dengan kriterianya. Ketahuilah, di era milenial yang serba praktis ini banyak orang lebih memilih untuk membeli rumah minimalis yang sudah jadi ketimbang membangun rumah impian mulai dari nol. Pasalnya, selain cepat dan mudah, kini tersedia rumah minimalis dengan desain yang beragam dan modern seperti vintage, scandinavian, shabby chic, retro, dan masih banyak lagi. Meski demikian, tak sedikit dari mereka yang tetap memilih bangun rumah dari nol demi lokasi yang diinginkan.

Nah, sebelum memutuskan untuk bangun rumah, pastikan Anda perhatikan beberapa hal penting berikut supaya hasil yang diperoleh memuaskan dengan perkiraan budget yang sesuai.

Konsultasikan dengan Ahlinya

bangun rumah

Saat Anda memutuskan untuk membangun rumah, terlebih dulu luangkanlah sedikit waktu untuk berkonsultasi dengan ahlinya yaitu para arsitek atau insinyur sipil. Tentunya Anda harus memilih satu arsitek terpercaya dan memiliki pengalaman dalam hal bangun rumah. Baru, setelah itu mulailah untuk berkonsultasi dengannya mengenai model rumah yang Anda inginkan dan budget yang tersedia. Mungkin Anda telah memperkirakan hal tersebut dengan seksama, namun dengan bantuan dari arsitek yang memiliki pengetahuan serta keterampilan lebih akan membantu Anda dalam menerapkannya. Arsitek akan mulai menyarankan pada Anda bahan apa yang sebaiknya digunakan, model seperti apa yang lebih baik dan modern, serta ide-ide menarik lainnya.

Ingat, Para Ahli Mengenakan Biaya Pelayanan

Mulai dari konsultasi sampai tahap akhir bangun rumah Anda jadi, para ahli selalu mematok harga pelayanannya. Jadi, pastikan untuk memasukkan biaya pelayanan dari awal konsultasi sampai akhir pada rincian biaya pembangunan rumah. Jika perlu, pastikan tidak ada kendala kekurangan budget. Ingat, pastikan biaya bangun rumah sudah tercover terlebih dulu. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir ketika ingin konsultasi tambahan pada ahlinya.

Tentukan Anggaran Bangun Rumah

bangun rumah

Inilah poin penting yang harus Anda perhatikan sebelum bangun rumah yaitu menentukan budget yang tersedia. Apabila budget yang tersedia besar, arstitek akan merancang proyek bangunan rumah yang mewah dengan bahan yang berkualitas. Sebaliknya, apabila budget yang tersedia terbatas, Anda akan ditawarkan model rumah yang lebih minimalis. Atau, dengan model dan desain yang sama namun dengan bahan yang lebih ekonomis.

Satu hal yang perlu Anda perhatikan, jangan sampai mengubah jenis bahan yang sudah ditentukan dengan yang lebih murah. Bukannya menghemat budget, malah akan membahayakan keamanan dan kualitas rumah Anda. Akan lebih baik lagi jika bahan untuk bangun rumah tersebut diganti dengan yang lebih berkualitas. Dengan melakukan tahap pembangunan rumah dengan terstruktur dan urut, dijamin berapapun anggaran yang Anda tentukan bakalan pas dan tidak kurang.

Buat Daftar Kebutuhan Ruang untuk Hunian Anda

Ada kalanya tiap ruang dalam rumah yang Anda bangun tidak berfungsi sebagaimana mestinya lantaran tidak didaftar sesuai kebutuhan. Maka dari itu, supaya tidak terjadi demikian pastikan untuk mendata terlebih dulu bagian ruang apa saja yang lebih sering digunakan. Misalnya keluarga Anda sering menghabiskan waktu menonton televisi bersama. Maka, desainlah ruang keluarga yang luas dan nyaman. Begitupula dengan kegemaran anak-anak saat bermain. Biasanya anak menyukai halaman yang luas. Maka, pastikan saat bangun rumah disediakan halaman untuk area bermain.

Sediakan Ruang Serba Guna

Tiap bagian rumah pasti dialokasikan untuk ruang-ruang tertentu seperti dapur, kamar tidur, ruang tamu, ruang keluarga, dan sebagainya. Namun, supaya tidak kalang kabut pada akhirnya, pastikan untuk menyisakan satu ruangan serba guna untuk keperluan sehari-hari. Misalnya ruang untuk menyimpan pakaian kering, ruang untuk menyimpan barang-barang yang tidak berguna lagi, ruang untuk hewan peliharaan, dan lain sebagainya. Dengan memperkirakan adanya kebutuhan mendadak, dijamin ruang serba guna ini bakalan terus terpakai meski fungsinya tidak dirancang seperti saat bangun rumah ruangan khusus lain.

Atur Tinggi Tangga dalam Rumah

Ada beberapa alasan tiap orang memutuskan untuk  bangun rumah dua lantai atau lebih. Diantaranya ketersedian lahan yang sempit. Memang memiliki rumah dengan dua lantai akan memberikan ruang lebih banyak. Namun, satu hal yang perlu Anda pertimbangkan adalah tinggi tangga tersebut. Mengapa? Ya, tentu seiring berjalannya waktu usia akan bertambah dan kemampuan untuk naik turun tangga akan berkurang pula. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, aturlah tinggi tangga sekecil mungkin. Pastikan pula untuk memanfaatkan tiap sudut ruangan sekedar untuk tempat bersantai atau memajang hiasan.

Ventilasi atau Pencahayaan

bangun rumah

Memiliki rumah dengan penerangan yang kurang akan menyebabkan atmosfer yang berbeda dan terkesan suram. Untuk menghindari hal tersebut, pastikan untuk mempertimbangkan peletakan jendela beserta ventilasi sebelum bangun rumah. Hal ini penting supaya pencahayaan dan sirkulasi udara berjalan dengan lancar. Ada baiknya pula untuk meletakkan jendela di bagian sisi timur atau barat supaya cahaya matahari bisa dinikmati lebih lama.

Namun, apabila lokasi rumah Anda tidak memungkinkan untuk mendapatkan sinar matahari langsung dengan cukup, gunakan teknik lain. Yaitu teknik dekorasi interior dengan permainan warna dinding. Nah, untuk mendapatkan kesan terang dalam ruangan, gunakan warna dinding yang cerah pula. Jika perlu, kombinasikan beberapa warna yang menyatu.

Nah, itulah beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan saat bangun rumah baru. Pilihlah arsitek terpercaya untuk desain hunian yang nyaman dengan budget yang tersedia.