Tips Membeli Pengembang Properti Rumah yang Baik dan Terpercaya

Bisnis Properti

Bagi para pasangan baru yang hendak memiliki hunian pribadi yang nyaman tentu harus teliti saat memilih rumah baru. Apalagi ketika rumah tersebut tidak dibangun dari nol mulai dari pembuatan desainnya, melainkan membeli rumah jadi dari pengembang properti rumah . Ketahuilah saat ini telah bermunculan banyak pengembang bisnis properti maupun agen properti. Dimana tiap pengembang tersebut menawarkan berbagai tipe rumah minimalis lantai 1 maupun lantai 2 dengan desain yang mewah dan simpel. Nah, biar tidak menyesal dengan hunian pribadi pilihan Anda, pastikan simak tips memilih pengembang properti yang baik dan terpercaya berikut ini!

Kredibilitas

properti rumah Ada berbagai alasan mengapa Anda harus hati-hati dalam memilih pengembang properti rumah yang baik. Salah satunya karena banyaknya muncul kasus penipuan seperti jasa pengembang yang membawa kabur uang konsumen dan pembangunan rumah yang tidak sesuai dengan janji atau kesepakatan awal. Daripada menanggung kecewa dan kerugian, lebih baik cegah kejadian tersebut dengan memerhatikan tips pertama memilih developer rumah ini.

Tips pertama sebelum memilih pengembang properti rumah adalah menyelidiki bangaimana kredilitas developer tersebut. Ketahuilah faktor ini sangat penting karena perusahaan dengan kredibilitas yang baik pasti juga memiliki hubungan hukum dengan konsumen dengan baik pula. Jika hubungannya dipastikan baik, maka baik proses pemesanan rumah, perjanjia pengikatan jual beli, sampai jual beli rumah akan terlaksan dengan baik. Sebagai rekomendasikan, disarankan bagi Anda untuk membeli rumah dari developer properti yang memang sudah go public. Artinya pengalaman dan kredibilitasnya sudah diakui oleh masyarakat.

Salah satu cara mengetahui kredibilitas developer dengan mengamati bagaimana kerjasamanya dengan konsumen-konsumen sebelumnya. Apakah mendapat feedback positif atau sebaliknya. Anda bisa mengetahui informasi ini dari media massa, tepatnya surat pembaca atau liputan media massa tentang kasus perumahan. Anda juga dapat mengetahuinya dari review properti yang sering menyajikan informasi developer rumah secara objektif dan transparan. Jadi, selain memeroleh informasi developer yang baik, Anda dapat menghindari pengembang-pengembang nakal yang kerap berkeliaran.

Sumber valid lainnya untuk mengetahui developer properti rumah yang terpercaya adalah dengan menghubungi DPP REI atau Yayasan Lembaga Konsumen dan LAKPI atau Lembagai Advokasi Konsumen Properti Indonesia. Anda juga dapat mencari developer yang selalu bekerja sama dengan bank. Hal ini karena kredbilitas developer dapat dianalisis oleh bank termasuk peruntukan laha, cek status tanah, sampai aspek lain seperti fasilitas umum, sosial, maupun kondisi lingkungan.

Legalitas

Selain memastikan kinerja developer properti rumah, Anda juga harus mengecek bagaimana legalitas developer tersebut. Setiap area tanah yang hendak dibangun perumahan, haruslah memiliki sertifikat induk. Hal ini untuk mengetahui lebih jelasnya statusnya. Apabila ternyata sertifikat diagunkan ke bank, Anda patut meminta dengan tegas untuk melihat Akta Pemberian Hak Tanggunan dan Sertifikat Hak Tanggungan.

Rumit lagi jika legalitas properti rumah masih dalam benuk izin lokasi karena tinggi sekali resikonya. Developer yang baik tak akan segan untuk menunjukkan bagaimana copy induk sertifikatnya. Lalu, bagaimana jika developer mempersulit keinginan Anda? Apabila developer masih dalam tahap izin lokasi dan Anda terlanjur menyetor uang pesanan, lebih baik tarik kembali uang tersebut meski dipotong biaya administrasi.

Itulah pentingya pegangan saat hendak membeli rumah yaitu PPJB. Apabila Anda tidak paham dengan isinya, tinggi peluangnya developer akan mengakali Anda. PPJB merupakan perjanjian mengenai spesifikasi rumah, cara pembayaran, harga rumah, serah terima rumah, pemeliharaan rumah, sampai hak dan kewajiban beserta sanksi-sanksinya.

Komitmen

properti rumah

Ketika menemui developer, jangan heran ketika Anda mulai ditawari berbagai penawaran menarik mulai dari fasilitas properti rumah yang lengkap, sampai fasilitas pendukung lainnya seperti pusat belanja, fasilitas rekreasi, club house, dan lain-lain. Nah, untuk memastikan fasilitas-fasilitas yang akan didapatkan tersebut, pastikan Anda mengonfirmasikannya pada pengembang terkait fasilitas yang akan diterima saat menempati rumah.

Pastikan pula Anda membuat perjanjian terkait ketepatan dalam waktu serah terima serta kualitas bangunan sebelum fixing booking fee. Apabila pengembang yang bekerjsama dengan Anda menerapkan booking fee dan juga DP sebesar 20% hangus ketika batal membeli, Anda juga dapat melakukan perjanjian serupa. Yaitu ketepatan waktu pengembang memberikan SPJB pada Anda. Apabila pengembang terlambat, developer wajib membayar denda senilai 1/1000 dari nilai bangunan.

Itulah beberapa hal yang patut Anda perhatikan ketika hendak membeli properti rumah dari developer. Apabila Anda menginginkan rumah jadi dari developer, pastikan lebih teliti saat membeli supaya tidak menyesal nantinya. Apa saja yang perlu dilakukan?

Mencari Informasi Sebanyak-banyaknya

Pertama, carilah informasi sebanyak-banyaknya terkait proses pembelian rumah yang Anda incar. Hal ini penting demi mempersiapkan apa saja yang diperlukan seperti pajak-pajak. Anda juga bisa bertanya pada kerabat terdekat yang telah berpengalaman.

Cek Lokasi Perumahan

Hal lain yang tak kalah penting saat Anda membeli properti rumah baru yaitu cek lokasi beserta lingkungan perumahan yang hendak Anda beli. Akan lebih baik jika Anda mengenali budaya masyarakat sampai tingkat kriminalitasnya. Tidak mau bukan, Anda tinggal di daerah yang rawan terjadi kejahatan?

Bandingkan Harga

Supaya hasil pencarian properti rumah Anda tepat baik bentuk, kualitas, sampai harganya, pastikan Anda membandingkan perumahan dari satu developer ke perumahan milik developer lain. Hal ini bertujuan untuk membandingkan harga dan kualitasnya. Akan lebih baik jika Anda menemukan perumahan dengan kualitas baik namun harga yang terjangkau.

Yuk mulai lebih teliti dan jeli saat membeli properti rumah impian!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *