Jual Beli Tanah dan Keuntungannya yang Prospektif

Jual Beli Tanah

Jual Beli Tanah Bisa Sangat Menguntungkan

Jual beli tanah merupakan bisnis yang sangat menguntungkan karena aset ini selalu naik dari tahun ke tahun. Tanah dan bangunan adalah kebutuhan primer manusia yang tak terelakkan. Akan tiba pada masanya dimana anda ingin mencari dan memiliki rumah idaman anda.

Transaksi ini memang tidak bisa disamakan seperti jual beli lainnya. Selain kisaran harganya yang sagat berbeda, prosedur transaksi dengan tanah memang erat kaitannya dengan aspek hukum. Bukan apa-apa, hal yang ditakuti adalah tanah yang dibeli terlibat dalam sebuah sengketa atau dalam tanggugan bank.

Menurut Undang-Undang Pokok Agraria (UUPA), proses ini adalah hal yang dapat menjadi bukti peralihan hak dari penjual ke pembeli. Prinsip dasarnya yaitu terang dan tunai. Yang dimaksudkan terang dan tunai adalah transaksi yang dilakukan dihadapan pejabat umum yang berwenang dan dibayarkan secara tunai.

PPAT diangkat oleh Badan Pertahanan Nasional RI. Kewenangannya yaitu mmebuatkan akta-akta tertentu seperti akta jual beli.

Jual beli tanah saat ini menjadi salah satu investasi yang menjanjikan. Selain berinvestasi dengan rumah, emas, atau saham, Anda juga bisa mencoba investasi dengan menjual dan membeli lahan. Kabar baiknya, bila Anda menjatuhkan pilihan pada investasi ini, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan besar.

Umumnya, harga tanah dijual pada kisaran harga rendah, tetapi akan mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Apalagi jika Anda membeli lahan di lokasi yang strategis, atau di daerah perkotaan. Rata-rata kenaikan harganya bisa mencapai 20% per tahun.

Meski urusan transaksi jual beli mungkin hal yang biasa bagi banyak orang, namun sangatlah berbeda dengan jual beli tanah. Pada transaksi ini terdapat tata cara yang cukup rumit. Disamping itu, proses untuk melakukan prosedur ini juga memakan waktu yang cukup panjang.

Prosedur Jual Beli Tanah

Apabila sudah ada kesepakatan antara pembeli dan penjual untuk melakukan jual beli atas sebidang tanah. Maka beberapa langkah yang harus ditempuh adalah :

  1. Menyiapkan persyaratan berkas-berkas
  2. Mendatangi kantor pejabat pembuat akta tanah
  3. Proses pembuatan AJB (Akta Jual Beli)

Saat ini telah muncul berbagai macam website jual beli tanah online yang bisa memudahkan Anda dalam berinvestasi. Situs-situs ini bisa Anda cari dengan mudah di mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing, dan sebagainya. Berbagai pilihan situs jual beli tanah pun akan Anda temukan, seperti berikut ini:

Yang pertama adalah OLX. Situs ini sangat sering dijadikan sebagai rujukan bagi Anda yang ingin berivestasi dengan properti, khususnya lahan. Karena, informasi yang diberikan sangat lengkap serta banyak pilihannya.

Yang kedua adalah Lamudi. Sama seperti OLX, Lamudi juga bisa dijadikan acuan terpercaya ketika Anda ingin berinvestasi dengan lahan. Tetapi bukan hanya lahan, Lamudi juga menyediakan informasi terkait jual beli tanah dan rumah.

Yang ketiga adalah situs jualsewatanah.com. Di situs ini Anda tidak akan menemukan informasi apapun terkait rumah, apartemen, dan sebagainya. Karena di situs ini hanya menyediakan informasi hal ini.

Yang keempat adalah Urbanindo.com. Sama seperti situs-situs sebelumnya, Urbanindo juga menyediakan informasi lengkap buat Anda yang ingin berinvestasi. Tetapi yang menjadi keunikannya adalah Anda akan mendapatkan kiriman kartu nama dari Urbanindo untuk proses transaksi ke pembeli.

Jual beli tanah

Selanjutnya adalah situs Nata Properti. Situs ini tersedia pula dalam bentuk aplikasi yang bisa di-instal pada play store atau app store. Situs ini memakai Bahasa Inggris, sehingga bagi Anda yang tidak mahir berbahasa inggris tidak disarankan untuk memakai situs ini.

Yang terakhir adalah Trovit. Trovit tersedia pula dalam bentuk aplikasi seperti Nata Properti, hanya saja bahasa yang dipakai bisa menggunakan Bahasa Indonesia. Dengan mengunjungi situs ini, Anda sudah bisa mendapatkan informasi .

Hal-Hal Penting dalam Jual Beli Tanah

Perlu diwaspadai ketika anda melakukan prosedur ini secara online. Anda harus benar-benar teliti memilih informasi yang mana yang modus penipuan dan yang mana yang asli. Karena pada era ini sangat marak modus-modus penipuan di media jual beli online hanya untuk meraup keuntungan besar.

Jika anda telah melakukan kesepakatan antara penjual dan pembeli, pastikan pula surat-surat yang diberikan bukanlah surat palsu. Segala cara mudah dilakukan untuk mendapatkan uang dengan sekejap. Salah satu contohnya adalah dengan melakukan pemalsuan data.

Data-data yang bisa dipalsukan yaitu akta tanah, bukti pembayaran pajak, kartu tanda penduduk, kartu keluarga, dan surat persetujuan pembelian. Maka dari itu dibutuhkan ketelitian tinggi untu memastikan apakah surat-suratnya palsu atau asli. Jika anda merasa kurang yakin, anda bisa melibatkan orang yang lebih profesional pada bidangnya.

Apabila Anda tidak ingin melakukan investasi lahan secara online, Anda bisa mencoba dengan cara lain, yaitu cara konvensional. Cara ini agak berbeda dengan cara-cara sebelumnya, dan memang memiliki beberapa kelebihan serta kekurangan dalam melakukan investasi. Intinya, Anda harus tahu ilmu investasi tanah secara online sebelum terjun ke dalamnya.

Melibatkan orang lain yang lebih ahli dalam hal investasi atau bisnis tanah secara online juga bisa dilakukan. Hal ini akan bisa meminimalisir risiko penipuan baik soal harga maupun status tanah. Jadi, Anda juga harus melibatkan pihak yang terpercaya dan mengerti betul soal ini.

Kiat Sukses Jual Beli Tanah

Jual beli tanah

Berinvestasi dengan cara konvensional ini sudah ada sejak lama, bahkan sudah ada sebelum situs-situs jual beli properti online bermunculan. Bagi Anda yang belum mahir bermain atau bertransaksi secara online, bisa menjatuhkan pilihan pada cara konvensional ini. Selain itu, biasanya cara ini juga lebih aman karena Anda akan langsung bertemu dengan pembeli ketika melakukan transaksi.

Meski cara konvensional sudah banyak dilakukan oleh orang-orang, tetapi ada beberapa pula yang belum tahu. Cara ini terbilang cukup mudah meski tidak efektif. Hal ini dikarenakan Anda harus menunggu bola datang kepada Anda, bukan Anda yang menjemput bola.

Melakukan jual beli secara konvensional bisa dilakukan dengan memberi informasi seputar lahan Anda dari mulut ke mulut. Atau Anda bisa juga membuat plang yang berisi informasi bahwa tanah Anda telah dijual. Cara lainnya adalah dengan mencetak brosur, serta menyebarkannya.

Menyebarkan brosur untuk transaksi dinilai cukup efektif. Semakin banyak brosur yang tersebar, informasipun akan semakin luas. Sehingga tanah anda secara otomatis akan lebih mudah cepat terjual.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam transaksi baik secara online maupun konvensional adalah tidak terburu-buru. Dalam proses ini anda harus bersabar dan benar-benar memahami dengan cermat seiap langkah yang harus dilakukan.

Jika anda melakukan kesalahan sedikit saja, ataupun kurang teliti maka akan berakibat fatal. Anda akan semakin mengulur waktu dalam menyelesaikan transaksi jual beli tanah dan rumah. Lebih baik anda tidak terburu-buru dan menyelesaikan setiap prosedurnya dengan cermat.