10 Desain Plafon Simple Rumah Minimalis Modern

Desain Rumah

Bagi sebagian pemilik rumah, mungkin bagian plafon adalah hal yang terakhir yang diperhatikan. Padahal desain plafon menjadi bagian dalam rumah yang juga sangat menentukan bagaimana keindahan interior ruangan di dalam rumah. Jadi bisa dibayangkan bukan bagaimana jika sebuah rumah tidak dihiasi dengan plafon yang indah? Bagian langit-langit rumah tak hanya menjadi penutup rangka atap, namun juga menyembunyikan seluruh instalasi air dan listrik pada rangka plafon.

Bukan hanya itu saja pemasangan plafon yang baik juga dapat memperlancar sirkulasi udara hingga meredam suara. Karena itulah pemasangan dan bentuk plafon yang digunakan sangat penting untuk diperhatikan. Dan pada artikel kali ini akan dibahas berbagai desain dan bentuk plafon minimalis yang dapat mempercantik interior rumah anda.

1. Tampilan Plafon Polos

http://villages-lorraine.com/wp-content/uploads/2020/02/Untitled-15.jpg

Mungkin bagi anda pecinta tampilan yang simple dan polos, desain satu ini bisa anda terapkan ke dalam hunian minimalis modern anda.Tampilan plafon yang polos, tanpa adanya ornamen bisa anda jadikan inspirasi. Anda bisa membuatnya dari material semen acian maupun triplek, kemudian di cat menggunakan warna putih. Meskipun simple, namun penggunaan warna putih ini akan memberikan kesan yang rapi dan bersih. Apalagi jika ditempatkan ada ruangan yang sempit, ini akan memberikan efek luas pada ruangan tersebut.

2. Desain Plafon Minimalis Sentuhan Kayu

Kayu memang dapat memberikan kesan elegan dalam sebuah ruangan rumah, termasuk dalam desain plafon rumah yang minimalis. Deesain plafon ini memang cukup sederhana, instalasi plafon kayu yang dipadukan bahan konkrit putih akan semakin berkilau dengan tambahan cahaya lampu kuning yang hangat. Desain interior keseluruhan ruangan ini akan terkesan oriental, unik dan istimewa dengan plafon sentuhan kayu ini.

3. Plafon Bertingkat

Dalam desain minimalis, fokus utama disini adalah bagaimana memaksimalkan hal yang sederhana menjadi sesuatu yang tidak biasa dan menarik. Dan inilah yang bisa anda dapatkan dengan menggunakan gaya plafon bertingkat. Keindahan ruangan akan semakin bersinar karena penataan plafon bertingkat pada sisi sebelah ruangan. Ditambah lagi lampu dinding yang ditata sedemikian rupa dan  teratur membuat interior ruangan juga semakin cantik. Suhu ruangan dengan penggunaan plafon ini juga terasa cepat dingin dikarenakan kerendahan plafon ruangan yang ideal. Sangat cocok untuk ditempatkan sebagai desain  plafon ruang tamu.

4. Plafon Minimalis Balok Kayu

http://villages-lorraine.com/wp-content/uploads/2020/02/Untitled-16.jpg

Plafon minimalis yang ada di rumah anda dapat dipercantik menggunakan instalasi balok kayu seperti ini. Haislnya akan membuat suasana ruangan jadi homey dengan gaya rustic yang hangat dan minimalis. Bagusnya lagi, anda bisa melengkapi dengan furniture-furniture kayu jika ingin total, jaid tak hanya di plafon rumah saja. Selain itu material kayu juga dapat digunakan di bagian dinding ruangan, sehingga menciptakan kesan industrial dalam hunian anda.

5. Desain Plafon Minimalis Putih

Gaya plafon minimalis lainnya yang bisa anda terapkan dalam rumah anda adalah plafon dengan panel dekoratif putih. Seperti yang ditempatkan dalam dapur rumah ini, plafon panel putih membingkai plafon berwarna cream yang mana menjadi plafon utama. Model plafon seperti ini akan sangat cocok diterapkan dalam ruangan yang sempit. Sehingga membuat ruangan jadi tampak mewah dengan gaya interior yang menawan.

6. Plafon Minimalis Klasik

Model klasik rasanya tak pernah salah, bahkan jika anda tempatkan dalam hunian minimalis. Anda bisa menggunakan gaya klasik pada bagian plafon ruang tamu, ruang keluarga, maupun kamar tidur. Untuk desian klasik ini memiliki bentuk kotak dan menjorok ke dalam. Dan terciptalah plafon cantik klasik yang bisa diciptakan dalam rumah anda.

7. Desain Plafon Gypsum

http://villages-lorraine.com/wp-content/uploads/2020/02/Untitled-17.jpg

Pilihan material lainnya yang bisa anda gunakan dalam desain plafon ruang tamu sederhana adalah menggunakan material gypsum. Penggunaan material ini akan membuat interior rumah jadi tampak elegan dan mewah. Agar tampilannya semakin elegan, hanya perlu ditambahkan dekorasi seperti lampu chandelier yang tidak kalah mewahya. Ciri khas plafon gypsum ini biasanya dibuat bertingkat atau yang dikenal sebagai drop up ceiling. Selain bertingkat juga dapat didesain berbentuk kubah atau dome.

8. Plafon Dengan Aksen Tropis

Ingin memiliki kamar tidur yang selalu mengingatkan tentang liburan musim panas? Model plafon minimalis ini mungkin bisa jadi salah satu inspirasi anda. Dengan menggunakan konsep kerucut klasik dan berwarna putih bersih. Membuat plafon kamar tidur ini akan memberikan kesan yang nyaman dan suasana tropis yang cukup kental. Bahkan tak heran jika banyak hotel-hotel tradisional yang sering menggunakan konsep minimalis seperti ini.

9. Plafon Bertekstur Kilat ala Scandinavian

Ingin menguatkan gaya interior scandinavian ke dalam ruangan anda? Anda bisa menggunakan desain plafon yang satu ini dengan warna abu elegan yang dominan. Dipadukan dengan jendeal besar dan plafon minimalis dengan tekstur kilat membuat ruangan jadi terkesan fresh, luas, dan lenggang, Ditambah lagi dengan dekorasi lampu gantung unik dan modern yang akan bisa membuat suasana santai dalam kamar tidur anda.

9. Plafon Bondek

http://villages-lorraine.com/wp-content/uploads/2020/02/Untitled-18.jpg

Terkadang penambahan plafon dapat membuat ruangan jadi terkesan lebih pendek, jika begitu anda dapat menggunakan bondek untuk plafon ruangan. Bondek memang didesain khusus menjadi lapisan dasar beton di rumah bertingkat. Cara untuk memanfaatkannya adalah anda bisa mengecat bondek menggunakan warna hitam. Jangan lupa menempatkan pencahayaan yang cukup sehingga ruangan jadi lebih hangat namun tidak terlalu gelap. Anda juga dapat mengggunakan model lampu gantung minimalis jika ingin kesan yang lebih modern. Model plafon seperti ini sangat cocok ditempatkan di bagian teras depan, garasi, maupun area belakang rumah dengan gaya minimalis industrial.

10. Plafon Berlapis

Anda juga dapat menggunakan beberapa material yang dikombinasikan untuk memberikan gaya modern pada plafon di dalam rumah anda. Misalnya saja, anda bisa menggunakan granit hitam di bagian lapisan terluar. Sedangkan untuk lapisan dalam, bisa menggunakan bahan gypsum. Ditambah lagi dengan lampu yang memiliki desain unik di bagian tengah ruangan akan memberikan tampilan yang berbeda dalam ruangan anda.

11. Desain Plafon Geometris

Plafon geometris juga sangat cocok diterapkan dalam desain plafon ruang tamu sederhana, ruang baca, dan ruang keluarga. Model plafon ini biasanya menggunakan material kayu yang dipotong kotak kemudian dipasang dengan struktur yang acak. Ini akan menjadi fokus utama di dalam rumah anda yang akan menarik perhatian.

12. Plafon Minimalis Miring

Plafon minimalis yang didesain miring ternyata memiliki keindahan tersendiri yang cukup unik. Karena itulah, jika memang anda memiliki bagian ruangan di dalam rumah yang bisa didesain dengan plafon minimalis miring. Tak ada salahnya untuk mencoba gaya desain plafon yang satu ini. Anda juga bisa memadupadankannya dengan lantai kayu atau parquet untuk membuat kesan yang lebih keren.

13. Desain Plafon Dengan Tambahan Lampu Sorot

Desain Plafon Miring

Tak melulu lampu gantung, anda dapat menambahkan focal point di bagian plafon rumah menggunakan lampu sorot. Selain membuat daya tarik visual ruangan semakin bertambah, lampu juga akan membuat kesan yang lebih hangat dan terang. Lampu-lampu sorot tidak menempel langsung di bagian plafon, namun lebih tepatnya di material tambahan seperti kayu atau besi. Jadi ketika anda tak menginginkan lampu ini, cukup melepasnya saja tanpa merusak plafon.

Plafon menjadi salah satu bagian yang penting dan tidak bisa dilupakan. Karena itu, pemilik rumah wajib untuk memperhatikan hal ini lebih khusus. Dengan menerapkan desain dan bentuk plafon yang tepat, pastinya interior rumah juga akan terlihat indah dan cantik.