5 Desain Interior Kamar Tidur yang Sempit Biar Lebih Nyaman

Desain Rumah

Memiliki rumah tipe minimalis memang harus siap dengan resiko jika luas tiap kamar terbilang sempit. Ditambah lagi sekat-sekat ruangan tertentu yang terbatas dan apa adanya. Namun, jangan salah, asal Anda pandai dalam mengotak-atiknya, desain rumah minimalis akan terlihat elegan dan luas meski sebenarnya sempit terutama pada tempat tidur. Penasaran dengan desain interior seperti apa yang bisa diterapkan? Yuk simak ulasannya di sini!

Ide Desain Interior Kamar Tidur

Kamar tidur merupakan ruangan private yang harus didesain senyaman mungkin ketimbang ruangan public lainnya. Pasalnya, kamar tidur digunakan sebagai tempat peristirahatan Anda, anak-anak, dan pasangan dimalam hari. Apabila dekorasinya salah, jangan heran jika masa istirahat malam hari keluarga Anda akan terasa menjenuhkan. Berikut ini tips desain interior kamar tidur biar terasa nyaman.

  1. Optimalkan Langit-langit Kamar

Ruang tidur yang sempit memang membutuhkan tantangan tersendiri bagi pemiliknya biar terasa lebih nyaman. Apalagi kamar tidur saat ini sering dijadikan sebagai storage untuk menyimpan berbagai keperluan pribadi mulai dari pakaian, barang berharga, dan lainnya. Lalu, bagaimana cara biar ruang tidurmu terlihat lebih luas? Yaitu dengan mengoptimalkan area langit-langit untuk storage dan dekorasinya. Teknik ini bukan hanya membebaskan area bawah sehinga menjadi lebih luas, tapi juga menarik perhatian tersendiri bagi pemilik kamarnya. Alhasil, desain interior kamar tidur terlihat lebih luas dan bervolume.

  • Ganti Lampu Tidur Gantung

desain interior kamar tidurNah, untuk dekorasinya biar lebih luas Anda bisa ganti lampu tempat tidur dengan lampu gantung dari langit-langit. Teknik ini selain unik dan inspiratif juga menciptakan garis vertikal tersendiri sehingga terlihat ruang kosong di bagian bawahnya. Dengan demikian, akan terwujud ruang tidur yang lebih ringan, luas, dan stylish.

  • Gunakan Tirai Gantung

Selain lampu tidur gantung, Anda juga bisa manfaatkan tirai gantung untuk menciptakan kamar tidur yang lebih luas. Teknik ini tidak seperti yang dilakukan oleh kebanyakan orang yang menjadikan bingkai jendela untuk gantungan tirai. Tapi, memanfaatkan langit-langit untuk menggantung tirai serta menghilangkan kesan kamar tidur yang sempit.

  1. Memanfaatkan Dinding Ruangan

Setelah dekorasi langit-langit selesai, kini beralih pada desain interior ruang tidur khususnya dinding kamar. Kesalahan yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang adalah mendominasi lantai kamar tidur dengan perabot dan dekor sehingga menciptakan flow ruangan yang sempit. Untuk menghindarinya, pastikan untuk memanfaatkan dinding kamar biar lebih luas. Caranya, gunakan furnitur storage seperti side table untuk menyimpan barang-barang penting. Pada sisi dinding lainnya, juga bisa dipasang rak-rak gantung. Biar pemasangan furnitur gantung terjamin aman, jangan ragu untuk menghubungi jasa instalasi profesional untuk melakukannya.

Mengoptimalkan dinding kamar sebagai storage gantung memang sah-sah saja untuk menciptakan ruangan yang lebih luas. Namun, jangan lantas mengubah keseluruhan dinding jadi tempat penyimpanan. Manfaatkan pula kabinet-kabinet di kolong tempat tidur sebagai storage.

  1. Dinding Tempat Tidur yang Memiliki Extra Fitur

desain interior kamar tidur

Kesan sempit  dari tempat tidur minimalis sering disebabkan oleh kesalahan desain interior berupa pemilihan warna dinding. Nah, kesalahan ini dapat Anda hindari dengan mengubahnya jadi pola tertentu. Misalnya salah satu dinding kamar tidur yang ditempeli dengan wallpaper dinding. Bisa juga menggunakan headboard tempat tidur yang menawan. Tujuannya tidak lain untuk menciptakan galeri kecil-kecilan di atas tempat tidur. Yang pasti tetap menonjolkan gaya personal pemilik kamar. Tips ruangan tidur yang kreatif bisa Anda lakukan dengan menetapkan salah satu dinding sebagai point of view yang beda dari bagian lainnya.

Khusus bagi Anda yang menggunakan headboard, pastikan pilih elemen dekorasi yang unik dan tidak tipikal. Entah itu bahan, warna, desain, dan hal spesifik lainnya. Tambahkan pula banta dan guling empuk untuk membuat nuansa desain interior tempat tidur jadi lebih luas dan makin nyaman.

  1. Furnitur Lipat

Ide kreatif lain untuk menyulap desain interior kamar tidur jadi lebih luas lainnya adalah dengan menerapkan furnitur lipat yang fleksibel. Misalnya saja tempat duduk lipat.  Jika tidak sedang digunakan, tempat duduk dilipat dan sebaliknya, sehingga ruangan jadi lebih luas. Bisa juga terapkan furnitur lipa pada meja rias, meja belajar, dan lainnya. Anda juga bisa gunakan furnitur lipat berupa tempat tidur yang merangkap menjadi sofa atau sering disebut dengan sofa bed. Jadi, sewaktu-waktu Anda bisa tetap bersantai dan menyambut tamu tanpa perlu persiapan terlebih dulu.

  1. Teliti Fungsi Pintu Ruang Tidur

Meskipun terbilang simpel, ternyata tak sedikit orang melakukan kesalahan pada bagian ini. Ya, ketahuilah jika pintu tempat tidur haruslah didesain supaya tidak menyebabkan ruangan jadi lebih sempit. Caranya dengan memerhatikan bagaimana arah buka tutup pintunya. Usahakan arah pintu tidak membuka ke bagian dalam ruang tidur. Tujuannya tidak lain supaya desain interior tidak terlihat lebih sempit karena menyita lebih banyak ruang dan mengganggu aktivitas lalu lalang pemilik ruang tidur.

Lalu, bagaimana jika pintu kamar Anda sudah terlanjur membuka ke dalam? Solusinya, cobalah untuk mengganti pintu tersebut dengan sliding door atau pintu geser yang lebih simpel. Selain itu, sliding door juga menciptakan kesan luas baik dalam ruangan tempat tidur maupun luar ruangan. Jangan lupa untuk memberikan handle pada pintu supaya tidak kesulitan untuk proses buka tutupnya,

Nah, itu dia 5 desain interior kamar tidur sempit yang bisa Anda terapkan supaya terlihat lebih luas. Pastikan untuk tidak melewatkan satu point pun ya! Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *